Pengenalan Tentang Blog

Alhamdulillah setelah beberapa masa dari yang semula hanya mempunyai sebuah blog yang notabene berdomain  gratisan dan hingga saat ini masih ada , blog tersebut beralamat di http://screamz.tk. Blog tersebut saya kelola juga secara otodidak dan saya kelola sendiri dalam hal mengedit dari seluruh isi, tapi tidak lepas dari bantuan sahabat blogger dan kawan sesama.Untuk kesempatan di hari ini waktu ini dan kebetulan sebagai post pertama untuk Blog saya ini saya memilih untuk menulis tentang Pengenalan Tentang Blog. Kenapa saya memilih artikel ini sebagai posting pertama..??? ( kenapa ya..?? saya juga kurang tau ) , dengan sedikit alasan saja karena saya sedang mengerjakan dan mengelola yang namanya WEBLOG jadi..sedikit besarnya nyambung dengan apa yang saya tulis.

Langsung ke pokok permasalahn. Post ini saya ambil dari beberapa sumber dan referensi soalnya kalau saya sendiri yang menilai ntar takut salah , ehehehee

Blog merupakan singkatan dari web log  yang berarti bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (posting terbaru dahulu b kemudian diikuti posting yang lebih lama), meskipun tidak selalu demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog itu sendiri.

Sejarah Blog

Blog sendiri pertama kalinya dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab ( liat blognya tampilan terlihat professional ) sebelum akhirnya PyraLab diakui dan diambil alih oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka dan secara bebas  yang diperuntukkan kepada perkembangan para penngguna blog.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian / Diary, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan media iklan dan media pengembangan suatu perusahaan.  Sebagian blog dipelihara oleh seorang pengguna tunggal ( seperti saya ini dan semoga nanti sudah ada teman yang akan membantu ), sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan dan bergabung menjadi suatu komunitas sebagai ajang berkumpul secara online  seperti halnya forum atau contoh lainnya adalah KASKUS , tapi  ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif dan tertutup.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan / perkumpulan  yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Tapi pada saat perkembangan saat ini dengan maraknya kepopuleran jejaring sosial seperti halnya Facebook , Twitter dll. para blogger tidak mempermasalahkan segala perbedaan, jarak, status dan sebagainya. Dengan demikian para Blogger dapat tetap berkomunikasi dan menciptakan sebuah komunitas di jejaring sosial tersebut dengan contoh mengadakan Blogwalking atau secara umum dapat diartikan saling berkunjung menuju blog / website dengan saling berkomentar atau sebagainya.

 

Blog di masa kini

Dan akhirnya hingga saat ini perkembangan weblog semakin besar dan semakin tinggi terdapat jutaan bahkan milyaran blog yang sudah terpublikasi dan terdapat di dunia maya atau internet ini. Tapi semuanya saling bersaing dan saling berkejaran untuk menduduki posisi teratas dalam rangking di Search engine, dengan meningkatkan S.E.O ( search engine Optimization ), dengan cara curang ataupun dengan cara sportif. Dengan adanya hal itu Blog saat ini menjadi tujuan untuk mendapatkan suatu keuntungan dan sebagai lahan promosi atau menjadi ajang untuk mendapatkan rupiah yang semula blog adalah sebagai sarana untuk berbagi informasi, tapi tak apalah namanya juga hidup kesempatan akan dijadikan suatu pelajaran . setali tiga uanglah… betul.. betul.. betull..?? nah dengan adanya motivasi untuk mendapatkan  sedikit keuntungan dan blog untuk mengais rejeki dan juga sebagai profesi. para blogger juga semakin membangun kreatifitas mereka. So whatever-lah ( kata orang luar luar sono noh ) Mari kita bangun negeri ini dengan apa yang kita punya dan kita lakukan.

Tapi yah.. berjuang secara sportif dan Positif tentunya hehehee..

Hidup Blogger Indonesia..!!!!!!!!!!!!!! MERDEKAAAA!!!!!!!!!!!!!