Pengertian dari HOSTING

Pengertian Hosting

Hosting atau biasa disebut webhosting adalah dimana ruang tempat penyimpanan dari file file sebuah weblog yang menyimpan berbagai macam unsur dari database atau server weblog , Hosting juga bisa disebut server dari weblog biasanya hosting tersebut disewakan oleh penyedia webhosting dengan biaya tertentu untuk memberikan pelayanan penyimpanan serta server bagi pengguna / pembuat weblog.
Banyak pula situs atau perusahaan yang menyediakan hosting secara gratis dan memberikan pelayanan lebih daripada hosting berbayar.
Jadi pada intinya dan kesimpulannya hosting adalah tempat / pusat penyimpanan data keseluruhan dari sebuah blog yang dijalankan dengan syarat DNS ( name server ) mengarah pada alamat server penyedia hosting tersebut.

Hosting adalah sebagai inti atau sebagai titik pusat dari pembuatan weblog, tanpa hosting tidak akan bisa membuat weblog tersebar di internet,,
kok bisa begitu..?? buktinya blogspot wordpress, multiply dan yang lainnya tanpa hosting..??
pendapat itu salah karena pihak mereka juga mempunyai hosting sendiri dan hosting itu tidak lepas pula dengan kaitannya data penyimpanan pada suatu komputer ( hardisk ) ,

Penyimpanan tersebut terpasang dan terkoneksi melalui jaringan internet secara online, buktinya dalam setiap penawaran pasti ada batas yang di ijinkan oleh penyedia hosting berbayar ataupun gratisan tidak ada yang unlimited. Semua pasti ada batasnya dan pihak merekapun juga pasti mengira – ngira batas atas dari maksimal penyimpanan data untuk web / blog berapa giga, mega tera dan lain sebagainya.
Karena Semua penyimpanan pasti ada batasnya bukan sekedar hanya disimpan di awan lalu di ambil secara langsung dari internet ( emang awan bisa nyimpen data?? ) hehehe..

Kalau untuk yang unmetered / unmonitored bukan berarti itu unlimited ,, tetapi data penyimpanan dan traffic bandwitch masih dibatasi tetapi hanya tidak di monitoring secara langsung ( kalau menurut saya tetap di monitoring / di pantau ).

Jadi untuk para blogger disarankan untuk memakai hosting dan data penyimpanan lainnya serta pemakaian bandwitch secara bijak .
pilih hosting yang berkualitas dan terpercaya . Kan gak lucu walaupun dapat yang unlimited / tidak dibatasi tapi file data kita terhapus semua dan tidak bisa dikembalikan gimana coba..??

Jadi saran saya berhati – hatilah memilih hosting baik itu yang berbayar atau gratisan semua tidak menjamin. Mahal pun tidak menjamin uptime 100% dan server tidak pernah down, ataupun pelayanannya maksimal.
So keep search and keep on going ( wkwkwk bahasa inggrisnya berantakan ).
Cari Informasi di blog sahabat lainnya ataupun forum forum yang membahas tentang hosting terpercaya .
semangat kawan :).