Pengertian Domain

Secara sederhana dan garis besarnya saja saya akan memberikan pengertian tentang Domain atau sebuah ekstensi ( bukan eksistensi loh yah ) seperti halnya sebuah file yang mempunyai ekstensi sebagai contoh untuk program “.EXE” arsip ” .zip,.rar,tar.gz dll. ” tapi berbeda dengan sebuah domain , domain sendiri secara umum diartikan sebagai nama unik yang diberikan  untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah bagi pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server atau akses melalui internet, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP ( Internet Protokol ). Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web/ blog seperti contohnya “wordpress.org“. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah Link URL, atau alamat website.

Dan kenyataan pada kenyataanya sekarang sebuah nama Domain menjadikan suatu trend atau bisa disebutkan menjadi sebuah langkah yang menjadi suatu ciri khas dari para blogger untuk membuat sebuah situs yang dijabarkan mempunyai tingkatan tertentu sebagai contoh untuk jenis teratas / Top Level Domain ( TLD ) berekstensi “namadomain.com ” atau dot.org dan sebagainya ,

seperti  .blogspot.com , .wordpress.com , .multyply.com  domain yang seperti ini sebagian menganggap sebagai awal para blogger untuk belajar dan menjadikan awal untuk mengais suatu rejeki dengan adanya penyedia sub domain ini, tapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa para blogger masih banyak yang setia menggunakan domain gratisan tersebut dikarenakan banyak alasan, sebagai contoh dikarenakan domain ini diberikan secara cuma – cuma dan sudah banyak artikel yang mereka buat dan blog mereka telah menjadi ladang penghasilan yang cukup memuaskan, tapi pasti blogger juga ingin mempunyai domain yang bertaraf   TLD ( Top Level Domain ).

Jadi pada intinya Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk menuju suatu Blog atau situs yang biasanya berdomain custom (semisal blog.blogspot.com) atau top-level domain (situs.com).

Dan beberapa kenyataan yang sekarang menjadi suatu pembahasan dan beberapa penilaian domain menjadikan suatu ikon untuk saling menunjukkan ciri khas dari blogger itu sendiri antara lain sebagai perkumpulan / komunitas , ajang mencari kemudahan dalam peningkatan SEO untuk mendapat rangking di google , menunjukkan niat dari blogger dalam bersosialisasi untuk pembuatan situs / blog dan sebagainya.

Beberapa contoh domain yang paling banyak digunakan di dunia :

  • namasitus.com (Commercial), Biasa digunakan untuk situs komersial atau umum dan salah satu domain yang paling banyak digunakan di dunia.
  • namasitus.org  (Organization), paling banyak digunakan oleh situs atau forum organisasi dan perkumpulan suatu komunitas di internet.
  • namasitus.info (Information), digunakan pada beberapa situs yang menyediakan sarana informasi dan jasa penyedia informasi.
  •  namasitus.edu (Education), digunakan untuk situs pendidikan dan pengetahuan.
  • namasitus.gov (Government), digunakan untuk situs pemerintahan dan kementrian suatu negara atau daerah.
  • namasitus.mil (Military), digunakan oleh situs-situs pertahanan negara atau militer.
  • namasitus.co.id ( company indonesia ), digunakan oleh para perusahaan untuk membangun situs dari sebuah perusahaan ( untuk ekstensi domain “.id” melambangkan negara , contoh untuk inggris adalah “.co.uk” ).
  • namasitus.net ( networking  ), digunakan oleh situs yang berfungsi dan bertujuan dan bergerak dibidang Networking /  Internet.

dan sebagainya :P.

Sahabat bisa membeli domain di situs para penyedia penjualan domain secara online dengan pembayaran melalui bank online , transfer bank / kartu kredit seperti :

  • godaddy
  • namecheap dll. ( untuk lebih jelasnya silahkan cari di mbah google ).

dan banyak pula penyedia layanan penjualan domain lokal di indonesia yang menyediakan penjualan domain dengan lebih mudah dikarenakan kita adalah warga negara indonesia yang mungkin tidak terlalu disulitkan apabila membeli domain tersebut di wilayah negara kita sendiri :).

Seperti halnya situs masterweb, indonixdan sebagainya.

Tapi sebagai sedikit Informasi saja karena saya juga membeli domain (dot) com ini dari penyedia penjualan ( penyewaan ) domain ini di indonix.

Pihak mereka menawarkan berbagai jasa seperti halnya webhosting, walaupun mempromosikan perusahaan mereka toh tidak ada salahnya kan..?? itung itung saya bisa nambah materi dan mereka juga mendapatkan satu halaman lagi yang menuju ke situs mereka siapa tau saya bisa dapet bonus ( ngarep euy 😛 ).

Sedikit review saja saya membeli domain ini dari pihak indonix.  dengan berbagai pilihan dan berselancar melalui mesin pencarian si mbah google dimana mencari penyedia reseller domain yang baik dan terpercaya ( gak lucu juga kalo ntar ketipu ) dan pada akhirnya hati saya yang paling dalam menjatuhkan pilihan ke pihak  indonix. karena saya tidak asala membeli domain di sembarang tempat, saya banyak mengunjungi berbagai web dan situs sosial dan juga forum seperti halnya kaskus dan lain sebagainya.

Setelah saya baca dan baca segala macam artikel dan posting dihalaman situs tersebut saya menjatuhkan pilihan terakhir kepada pihak indonix kalau saya ingin menyewa domaindari mereka. ( indonix ). Prosesnya juga lumayan cepat setelah saya memacu kendaraan saya menuju ATM dengan membawa kartu ATM BCA milik kakak sya ( maklum gak punya tabungan jadi boleh minjem , ntar diganti cash  hehehe). dan setelah itu mengkonfirmasikan transfer saya melalui halaman konfirmasi di situs  indonix  gak ada seperempat jam domain baru saya sudah diaktifkan dan akhirnya saya bernafas lega 🙂 hehehehe..Pemberitahuan melalui email juga sangat cepat gak pake nunggu lama .

Tidak kalah memuaskan juga bahwa situs dari  indonix  juga sangat ringan untuk dibuka walaupun saya mempunyai koneksi secepat keong dan sekenceng kura merangkak tapi gak ada hambatan sama sekali padahal situs  indonix tergolong mempunyai konten yang begitu berat ( dan saya tidak tau mengapa..?? itu mah urusan para master dan professional lainnya kog bisa seperti itu..). untuk pembelian domain hingga saat saya menulis posting ini dan saya membelinya masih 79ribu perak termasuk perlindungan whois ( mantap tuh )

Jadi sahabat tidak perlu ragu lagi saya merekomendasikan para sahabat yang ingin menyewa sebuah domain ya di  indonix aja dah :P.

Sekian saja artikel ini saya buat walaupun banyak yang melenceng dari inti masalah.

Untuk lebih jelasnya tentang  indonix  silahkan langsung saja sahabat registrasi dan langsung menuju TKP..

NB : untuk istilah pembelian Domain bukan selamanya domain itu milik kita tetapi para pengguna domain adalah menyewa dari pihak yang berwenang dan rata – rata dihitung tingkat penyewaan itu adalah dikenakan biaya /tahun.

 

NOTICE : SUDAH TIDAK DISARANKAN DI HOST INI..!!