Membuat Auto Scroll To Top Untuk Blog WordPress Menggunakan Plugin “Dynamic To Top”

Scroll To TopPagi Sahabat, lega rasanya bisa menyapa anda semua kembali setelah beberapa hari vakum πŸ˜›

 

Sepertinya Judul Artikel ini ” Memasang Scroll To Top Untuk Blog WordPress Menggunakan Plugin “Dynamic To Top” ” , berarti yang saya bahas adalah WordPress lagi dan masalah plugin lagi. Tidak bosan bosannya saya membagikan tentang wordpress , dikarenakan saya menggunakan CMS dari wordpress ( maklum mudah pengoperasiannya πŸ˜€ ).

 

Seikit Review saja tentang Plugin ini ” Dynamic To Top ” , mungkin sahabat juga banyak yang tau, kalau saya terlambat ya mohon dimaafkan :(. Dan saya mengucapkan ma’af sebelumnya kepada pengguna CMS lainnya terutama Blogspot, soalnya saya hampur dan tidak pernah memberikan Review sama sekali tentang Blogspot. ( maafin yeeee ) hehehe..

Langsung ke pokok permasalahan, Plugin ” Dynamic To Top ” adalah seperti Plugin yang lainnya yaitu sebagai aplikasi tambahan pada blog wordpress yng bertujuan untuk membantu sebuah navigasi di halaman saat pengunjung kita berada di bawah halaman blog kita, dan tidak menutup kemungkinan saat berada di halaman artikel / komentar paling bawah pasti tingi – tinggi sekalai ( bayangkan kalau make mouse scrollung , pasti lama tuh πŸ˜› ), nah banyak pula blogger yang menggunakan fitur untuk Back To Top ( istilahnya gitu ), akan tetapi yang merkea pakai rata- rata hanya menggunakan sebuah script sederhanaΒ  yang mempunyai perintah ” to-top” , dan script script ini menggunakan perintah shortcode link kosong atau bisa disebut tautan link url yang menuju du halaman yang sama tapi dengan code ” # ” ( tanda pagar )

seperti contoh :
<a href=”#” title=”Kembali ke Atas” >Kembali Ke atas</a>

tanda pagar diatas berarti menunjukan untuk melanjutkan alamat / tujuan web dengan alamat yang kosong tau bisa dikatakan sederhana tetap berada di halaman yang bersangkutan tanpa mereload halaman.
andaikan halaman saya adalah :

http://www.inforiatif.com/scroll-to-top/Β  dan apabila sahabat memberi tambahan tanda pagar “#” , walaupun sahabat berada dibawah halaman maka secara otomatis dan tanpa memuat ulang halaman yang bersangkutan.

( silahkan cona tambahkan tanda “#” dibelakang address bar dibelakang link Url yang sahabat buka sekarang ),

atau klik ini : http://www.inforiatif.com/scroll-to-top/#

Tuh kan, , akan tetapi kalau seperti ini sih gak seru πŸ˜€ hehe,, berarti hanya bisa menggunakan jalan pintas dan tidak ada sesuatu yang menarik, diletakkannnya pun berada disebuah tempat dari nlog kebanyakan di “footer/ Kaki halaman“, Kali ini dengan sedikit menggunakan prinsip tersebut dan kemungkinan diberlakukan oleh plugin yang satu ini,

ada keistimewaab lain dari plugin “Dynamic To Top” ini, karena gambar / text dari back to top ini tidak harus berada pada footer dan tidak harus hanya tampil di footer saja akan tetapi bisa kita atur sedemikian rupa , dimana gambar / text link back to top ( maksudnya saat berada di baris mana ?? ” hitungannya pixel jarak dari top page” ),, kalau mau contoh nya seperti blog saya ini. Gambar / image link Back To Top akan tampil apabila sudah berada sejauh 600px dari puncak halaman blog.

( silahkan lihat sendiri saya juga bingung jelasinnya)

Langsung aja dah dipraktekin buat sahabat yang make WP πŸ˜›

Masuk ke halaman plugin dan cari dengan kata kunci “Dynamic To Top”

 

keep Blogging πŸ™‚