SEO ( Search Engine Optimization )

Search Engine Optimization
S.E.O

SEO ( Search Engine Optimization ) atau bahasa indonesia-nya  Pengoptimalan Mesin Pencarian , pasti sahabat sudah banyak yang paham dengan istilah ini, dan juga menjadi suatu kewajiban dalam seorang blogger untuk mengembangkan webnya.

SEO adalah sebuah tindakan yang lazim bagi para blogger dan pembuat web tentunya. Karena tindakan SEO ini bisa membuat weblog atau blogger menjadi lebih terarah pada tingkatan yang lebih tinggi pada mesin pencarian , contohnya mesin pencari ( search engine ) sepopuler google.

Sedikit Pengertian SEO ,

S.E.O atau kepanjangannya adalah Search Engine Optimization adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh seseorang ( terutama blogger atau pemilik web atau editor ) yang bertujuan untuk meningkatkan rating atau nilai pada mesin pencarian agar situs / weblog mereka dapat dengan mudah terindex oleh mesin pencarian ( search engine ) seperti halnya google, bing, yahoo dan lain sebagainya, dengan tujuan untuk meningktakan jumlah visitor / pengunjung ke wblog / situs yang berkaitan tersebut.

S.E.O juga memberi suatu nilai lebih pada sebuah situs tersebut untuk menjadikan weblog / situs yang terkait agar mempunyai index yang baik pada mesin pencari dengan keyword tertenetu,.

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh para blogger untuk meningkatkan tindakan SEO ini, tapi semua hal itu tercakup dalam 2 manajemen atau bisa saya bilang 2 kategori, yaitu SEO Offpage dan SEO onpage,

Setidaknya SEO dilakukan dengan cara yang bijak dan dapat ditolerir dengan cara sportif, tetapi banyak pula yang menggunakan cara yang tidak lazim dengan menggunakan plugin , widget atau yang lainnya. Contoh salah satunya yang menurut saya tidak dapat dikatakan sportif adalah menjadikan situs / weblog dari blogger tersebut sebagai mesin pencari dan akan terindex google di urutan teratas akan tetapi saat visitor / pengunjung membuka situs tersebut apa yang ia dapat..???

hanya sebuah kata kata sebagai contoh :
” artikel yang anda cari tidak ada dihalaman ini, simak juga bla bla bla…. “

dan hal itu juga menurut saya sangat membuat geram juga bagi saya , soalnya bukannya pengunjung atau visitor menjadi tertolong dan mendapat informasi tentang apa yang mereka dapat tapi malah membuat mereka bingung dan merasa tertipu :P.

Tapi ya inilah dunia maya harus saling bersaing, dan dunia maya adalah dunia tanpa batasan.

( walaupun seharusnya kita berbatas dan masih menjaga etika, buktinya banyak diciptakan undang undang Internet ) ..

Menurut informasi yang saya baca baca di Internet tepatnya di blog para sahabat ,, sebagai contoh plugin yang dipakai salah satunya adalah STT12 ( untuk WORDPRESS ) dan plugin itu menciptakan keyword / kata kunci untuk mesin pencari dan menciptakan sebuah halaman baru saat mesin pencari mengindex halaman tersebut. ( tapi bener atau tidak saya tidak tahu ) hehehehe…

Tapi dalam dunia maya ini semua sah sah saja lah .. saya diatas berasumsi juga sebagai asumsi saya sendiri ,, kalau ada yang idak berkenan mohon dimaafkan yah :).

Kembali tentang SEO , SEO sendiri dikategorikan seperti saya menulis di kalimat sebelumnya terbagi atas SEO offpage dan SEO on Page,, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel berikut ini :
Pengertian Sederhana tentang SEO OnPage dan OffPage

semangat dan sukses 🙂