Shared Hosting atau VPS

Seorang blogger yang menggunakan platform selfhosted seperti halnya WordPress , Drupal dan joomla tentunya pasti sangat paham dengan yang namanya apa itu hosting. Lalu sebenarnya sesuai dengan judul Shared Hosting ataukah VPS saat kita memerlukan sebuah server untuk host website kita?

Semua tergantung dari budget dan kebutuhan dari website dan dari sisi kita sendiri , berikut sesuai dengan pengalaman saya sendiri tentang keuntungan dari kedua hal tersebut :

1. Shared Hosting

shared hosting menjadi salah satu pilihan yang paling banyak diminati oleh seorang pemilik web dikarenakan dengan segala kemudahan dalam penyimpanan serta pendistribusian konten web tersebut tanpa perlu berpikir dan bekerja lebih berat tentang mengelola server itu sendiri.

Keuntungan Shared Hosting :

  1. Kita tidak perlu lagi berpikir tentang pengelolaan server entah itu mengenai keamanan , perawatan dan penginstallan program program yang harus ada di server untuk dapat dijadikan sebuah media penyimpanan dan pendistriibusian konten web kita. Karena pihak penyedia hosting tersebut telah memberikan sarana web server control panel yang sudah terinstall di server mereka untuk konsumen agar konsumen atau kita dapat lebih mudah mengelola segala hal yang berhubungan dengan website.
  2. Siap pakai , seperti dalam ringkasan no.1 diatas pihak penyedia hosting memberikan kemudahan untuk kita dalam mengelola web dengan disediakan panel seperti cpanel® atau directadmin.
  3. Terbaru( sebagian ) , kita tidak perlu memikirkan  apakah server kita sudah mempunyai program terbaru ataukah tidak , karena pihak provider pastinya juga akan memperhitungkan tentang update berkala pada server mereka, salah satunya adalah dalam faktor keamanan dan perawatan system server.
  4. Keamanan, sudah pastinya pihak penyedia hosting akan jauh lebih mementingkan keamanan dari server mereka sendiri , dan mereka pastinya akan lebih mengetahui dan lebih memperhatikan tentang keamanan server, sudah dipastikan di Shared Hosting untuk masalah keamanan sudah ditanggung oleh penyedia hosting tersebut , dan tak elak pula kita juga harus mampu mengamankan web kita sendiri dari script dan konten web yang kita distribusikan karena keamanan web indivdual tersebut menjadi tanggung jawab kita sendiri.
  5. Banyak fitur aplikasi yang akan kita dapatkan secara paket dan jauh lebiih murah dibanding VPS dalam segi Harga.

gambar url link

Kelemahan Shared Hosting

  1. Segala hal yang berhubungan dengan resource atau penggunaan daya dari web kita serba dibatasi, pembatasannya mungkin akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan VPS , seperti halnya contoh kita tidak diperbolehkan menggunakan sebuah script autopost atau scripts yang menggunakan resource traffic berlebihan antara file programming ( seperti PHP ) dan database.
  2. Tidak dapat memberikan fitur tambahan yang telah diberlakukan pada server , seperti halnya kita menyewa CPANEL hosting dan ingin menjalankan sebuah scripts yang membutuhkan module khusus di server maka kita tidak ada daya nya.
  3. Kemanan , walau dalam segi penyedia hosting sudah memperhitungkan keamanan server mereka tidak elak maka saat server sudah ditembus sevagai super user ( admin / root ) server , maka secara tidak langsung sangat membahayakan dampaknya pada web kita sendiri, walaupun keamanan web kita sudah kita super duper amankan. dan lain sebagainya .. intinya dalam segi limit.
  4. Untuk website dengan skala lebih kecil.

2. VPS Hosting ( Virtual Private Server )

VPS atau kependekan dari Virtual Private Server ,adalah teknologi server side tentang sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa virtual mesin. Tiap virtual mesin ini melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat dan membuat sebuah sub mesin baru pada mesin / OS utama ( rankuman: wiki) , Dan memungkinkan pengguna VPS tersebut dengan lebih leluasa untuk menggunakan VPS tersebut dan mengelolanya selayak komputer pribadi.

Keuntungan VPS.

  1. Bebas, bebas dalam artian kita mampu mengelola sendiri tentang apa yang nanti akan terinstall di VPS kita , program apa saja dan apapun kebutuhan kita selanjutnya. Bebas disini dalam artian walau masih ada batas , karena batas tersebut diberikan sesuai dengan paket yang ditentukan oleh penyedia VPS hosting.
  2. Advance, kita akan dapat menemui sebuah optimasi dan pilihan tentang hal – hal apa saja yang dapat dikelola pada mesin VPS tersebut.
  3. Mampu menggunakan resource / limit yang lebih besar dari pada shared hosting ( sebagian ) , karena dalam VPS telah diberikan batas maksimum penggunaan mesin kita dalam bekerja ( tergantung juga console panel yang digunakan untuk VPS management ) . Dan mampu digunakan untuk hal lain sesuai dengan TOS / Kebijakan Penyedia VPS hosting.
  4. Koneksi yang lebih cepat , VPS kita mampu terkoneksi lebih cepat ( sebagian ) dikarenakan yang menggunakan adalah kita sendiri , dibandingkan dengan shared hosting , satu mesin dipakai oleh puluhan bahkan ratusan ataupun ribuan pengguna website.
  5. Fitur yang dapat dipasang jauh lebih banyak dibandingkan shared hosting ( tentunya dengan mengeluarkan budget lebih ) , dan dapat digunakan untuk web dalam skala yang lebih besar , dll.

Kerugian VPS hosting.

  1. Segalanya kita urus sendiri, dari mulai nol / fresh install hingga nanti siap untuk dipakai sebagai web server, dapat pula kita langsung pakai tapi tetap saja membutuhkan management service dan tentunya mengeluarkan budget lebih.
  2. Seluruh kemanan berada pada tanggung jawab kita sendiri , jadi kita harus mampu menjadi superman untuk server kita sendiri.
  3. Segalanya harus bisa diperhitungkan, kesalahan dalam mengelola VPS mampu membuat bahaya konten website kita sendiri , terutama dalam kesalahan mengetikkan perintah dalam server linux ( unix ). Kesalahan / crash server membuat website kita offline.
  4. Rawan suspended apabila kita salah menggunakan server tersebut , penggunaan resource server ( load average ) yang berlebihan secara terus menerus dapat mengganggu kinerja server utama , so kita harus paham mengenai pengelolaan server.
  5. Harga VPS relative jauh lebih mahal dibandingkan shared hosting.

Nah cukup sudah sedikit ulasan tentang VPS dan shared hosting, anda pilih yang mana? semua tergantung anda sendiri 🙂