Tips Mengamankan Akun Facebook


logo facebook
Mengamankan Akun Facebook menjadi penting karena kita sering menggunakannya dan Facebook menjadi salah satu jejaring sosial yang paling banyak digunakan di indonesia , dan mungkin oleh beberapa orang bahkan perusahaan pun menjadikan facebook menjadi salah satu hal yang wajib dilaksanakan , entah itu bersosialisasi atau mengiklankan produk misalnya.

Dan akan menjadi lebih tidak menyenangkan lagi apabila sampai akun jejaring sosial facebook ini diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dan bahkan untuk perusahaan atau perseorangan yang menjadikan facebook sebagai salah satu penggiat usaha , disalah gunakan : misalnya pencurian data atau pemasangan iklan ( facebook Ads ) secara tidak terkontrol dan tidak diinginkan.

Untuk sahabat yang belum punya facebook bisa klik disini untuk cara membuat akun facebook.

Untuk menghindari hal tersebut maka harus dilakukan pengamanan yang lebih atau memberikan perlindungan dan perawatan secara berkala tau lebih terhadap kerahasiaan akun Facebook, berikut sedikit  Tips Mengamankan Akun Facebook:

  1. Saat menjelajah Facebook usahakan menggunakan koneksi aman atau HTTPS , ( pastikan ada tanda kunci/ gembok di address bar )
    Facebook HTTPSPeriksa pula alamat nya sudah benar itu facebook.com atau kah alamat url lain,  atau gunakan alternatif mengakses url facebook dengan mengetikkan http://fb.com , sehingga menghindari kita dari website phising.
  2. Verifikasi akun facebook dengan nomor HandPhone yang aktif dan valid. Kebanyakan pengguna facebook mengacuhkan hal ini , dan bahkan banyak yang tidak memverifikasi akun facebook merkea dengan nomor handphone.
  3. Pergunakan Email yang valid dan aktif, serta bukan email utama sahabat, dan tentunya sering – seringlah membuka email sahabat , entah itu sebulan sekali atau seminggu sekali , untuk menghindari penutupan akun. Menggunakan email bukan email utama adalah demi menghindari pembajakan email yang sering merajalela.
  4. Berikan password Facebook yang mudah diingat tapi dengan menggunakan kata yang rumit , hurf kapital , huruf kecil dan dengan angka ( alay sedikit gak papa asal aman ) semisal : 1N1P5455W0RD9u3 , alay tapi mudah diingat  😀 , dan minimal berikan password 8 karakter atau lebih .
  5. Hindari percaya pada siapa saja yang ingin meminjam akun facebook sahabat, berikan hak akses mungkin kepada teman atau kerabat akan tetapi tetap dalam pengawasan , dan setelah mereka ( teman / kerabat ) selesai menggunakan , ganti password untuk menghindari pernggantian password, email dan data – data penting lainnya.
  6. Hiraukan spam message , mungkin sahabat sering mendapati Email atau mungkin chat facebook yang tergolong spamming atau tidak masuk diakal, hiraukan dan jangan ladeni close chat dan jangan response.
  7. Apabila mendapat email mengatas namakan facebook untuk memverifikasi akun anda , pastikan pengirim benar – benar berlamat dari facebook , dan apabila memang dibutuhkan untuk klik link , perhatikan pula saat link terbuka di address bar , benarkah alamat tersebut memang facebook.com ataukah domain yang hampir mirip atau memang berbeda. Dan lebih baik jangan klik link tersebut karena facebook akan memberitahukan adanya informasi di halaman facebook sahabat.
  8. Gunakan password berbeda pada setiap akun jejaring sosial , atau buat berbeda password dengan akun email ( atau setiap akun entah email , jejaring sosial dll ) anda ( ini Wajib ) untuk menghindari peretasan yang beruntun, dan menghindari apabila satu akun di bobol maka semua akun akan kena.
  9. Jangan menyimpan password / detail akun di browser ( seperti contoh : remember password ) , menghindari peretasan / hacking pada akun , dan jangan centang box : remember me apabila memang anda tidak browsing di komputer pribadi anda sendiri. ( lebih baik jangan centang box tersebut ).
  10. Hindari otentifikasi aplikasi dari website lain, sebisa mungkin hindari otentifikasi / hak akses dari sebuh a/ banyak website lain untuk login, semisal sebuah website mengijinkan anda untuk login dengan facebook , sebagai saran pergunakanlah alternatif lain seperti buat akun baru dengan email anda yang lain.
  11. Ganti password secara berkala , mungkin 2 minggu sekali.
  12. Hindari penggunaan aplikasi / Game pada facebook secara berlebihan, hal ini demi menjaga keamanan akun anda sendiri.
  13. Jangan berikan informasi secara detail akun anda untuk publik di facebook , bahkan berikan secara global saja / seperlunya , hal ini untuk menghindari spamming dan penipuan.
  14. Walaupun anda sedang tidak berfacebook ria , etatp selalu berjaga – jaga dam mengunduh ( download ) berbagai macam data / aplikasi yang bertebaran di internet , karena bisa bisa yang sahabat dapat adalah sebuah trojan / woorm atau aplikasi semacam mesin peretas / hacking / cracking yang akan memnempel pada komputer sahabat.
  15. Apabila ada kendala pada facebook sahabat , jangan terburu percata atau mengasumsikan dahulu bahwa facebook sahabat terkena retas / hack , sahabat dapat memperoleh bantuan atas pertanyaan tentang facebook sahabat di halaman bantuan facebook  : https://www.facebook.com/help/
  16. Untuk lebih detail tetang privasi bisa sahabat kases dihalaman privasi akun : https://www.facebook.com/privacy

 

Sekian untuk :

Tips Mengamankan Akun Facebook

Dan mungkin banyak tips yang lain untuk sahabat , tapi cukup 16 saja , dan hal lainnya dapat sahabat cerna sendiri dengan pengamanan yang lebih menurut sahabat itu hal yang baik. Rangkuman diatas sebagaian besarnya bukan hanya untuk akun facebook saja , akan tetapi dapat sahabat terapkan di berbagai tindak akun akun online lainnya.
akses juga cara untuk Membuat facebook tidak mengirim banyak email Pemberitahuan dan tentang artikel spamming di facebook

Semoga sahabat teap aman berselancar di internet  , semoga sukses 🙂