Tips Olahraga Ringan di Pagi Hari

Olahraga sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh terutama jika dilakukan di pagi hari. Bangun pagi dan bersiap melakukan rutinitas sehari-hari sudah menjadi bagian dari hidup kita. Kebanyakan orang merasa rutinitas mereka sudah cukup berat dan melelahkan, alih-alih melakukan olahraga pagi yang sebenarnya bagus untuk tubuh kita. Menjaga pola makan saja tidaklah cukup, kita harus mengeluarkan keringat dan meregangkan otot-otot kita untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Akan tetapi, kesibukan masyarakat zaman sekarang tidak memberikan kita begitu banyak waktu untuk berolahraga. Oleh karena itu, ada beberapa tips olahraga ringan di pagi hari yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa memakan banyak waktu.

 Olahraga ringan di pagi hari dengan 4 gerakan sederhana

Jangan Anda bayangkan bahwa olahraga hanya melulu dapat dilakukan di sasana olahraga atau di lapangan terbuka, kamar tidur atau ruang keluarga Anda juga dapat menjadi tempat Anda berolahraga. Olahraga ringan di pagi sangatlah cocok bagi Anda yang memiliki kesibukan luar biasa sehingga tidak sempat untuk berolahraga di tempat fitness atau gym. Dengan melakukan beberapa gerakan sederhana, Anda sudah turut menjaga kesehatan serta menjaga kekencangan kulit Anda sehingga tubuh dapat senantiasa ideal dan jauh dari masalah kegemukan.

  1. Jumping Jacks

Jumping jacks tidak akan memakan tempat sama sekali, bahkan Anda cukup berdiam di satu tempat untuk melakukannya. Langkah pertama yang Anda lakukan adalah berdiri tegak dengan kaki rapat dan tangan di samping badan. Langkah berikutnya adalah lompat di tempat dengan membuka kaki, dan menepukkan tangan, lurus ke atas. Lakukan sebanyak 60 kali. Dengan melakukan gerakan ini, kekencangan kulit di bagian tangan dan kaki akan tetap terjaga.

Baca Juga : Buah-Buahan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

  1. Planks

Gerakan planks amatlah mudah untuk Anda lakukan dan merupakan gerakan yang amat tepat dilakukan sebagai olahraga ringan di pagi hari. Dimulai dengan tidur tengkurap disangga dengan kedua lengan Anda. Letakkan lengan sedikit di atas posisi kepala. Angkat badan Anda, sejajarkan kepala, punggung dan pantat Anda. Tahan posisi tersebut selama 60 detik.

  1. Mountain Climbers

Sedikit menguras tenaga dan memanaskan badan Anda, mountain climbers cukup mudah dilakukan. Tidak seperti kedengarannya, gerakan ini hanya sedikit meniru gerakan pemanjat gunung. Pertama-tama, tarik lengan Anda hingga badan terangkat dalam posisi tengkurap. Kemudian, lipat lutut Anda dan ayunkan kedepan seperti sedang berlari. Lakukan secara bergantian pada kedua kaki selama kurang lebih 30 kali.

  1. Skipping

Olahraga ini pastilah tidak lagi asing di telinga Anda dan sering Anda lalukan sejak kecil. Gerakan memutar tali dengan pergelangan tangan dan melompatinya ini memang sangatlah sederhana dan mudah dilakukan. Namun, gerakan ini sangatlah cocok untuk Anda lakukan sebagai olahraga ringan di pagi hari sebelum Anda melakukan kegiatan Anda yang lain. Tidak memerlukan tempat yang terlalu luas dan waktu yang terlalu lama, skipping bisa menjadi olahraga ringan sebelum Anda memulai hari Anda. Lakukanlah repetisi sebanyak 30 kali atau lakukan selama 5 menit.

Gerakan-gerakan ringan di atas, sangatlah mudah dilakukan. Anda tidak perlu cemas akan kehabisan waktu atau tenaga. Gerakan-gerakan di atas tidaklah dirancang untuk pembentukan otot yang intensif seperti angkat beban. Olahraga ringan tersebut hanya bermaksud untuk meregangkan otot-otot Anda dan menyegarkan tubuh Anda di pagi hari. Sebagai olahraga ringan di pagi hari, gerakan-gerakan di atas memang tidak bermaksud untuk melatih otot Anda ataupun melatih pernafasan Anda secara intensif. Akan tetapi apabila Anda melakukan olahraga di atas setiap hari, Anda akan merasa lebih segar dan bugar setiap harinya.