Inspirasi

Tips Sukses Mengembangkan Usaha Bagi Pemula

Berwirausaha bukanlah perkara mudah, banyak orang yang berfikir bahwa memiliki usaha adalah hal yang enak. Mereka berfikir dengan memiliki usaha maka uang akan datang sendiri. Kenyataannya tidak seperti itu, banyak persoalan yang perlu dihadapi, mulai masalah pengelolaan keuangan, produksi, distribusi, promosi, penjualan hingga hubungan dengan kosumen belum lagi jika memiliki karyawan. Bukan hal yang mudah tentunya.

Entrepreneur
Sumber : pexels.com

Membuat dan mengembangkan sebuah usaha tidaklah mudah, butuh waktu dan tenaga yang tak sedikit, fisik, psikis maupun materi.

Berikut ini kami rangkum tips sukses memgembangkan usaha bagi pemula untuk anda khususnya para wirausahawan muda ataupun sedang diambang jurang yang mungkin dapat membantu anda mendapat inspirasi ataupun dorongan lebih kuat untuk lebih berusaha menggapai keberhasilan usaha anda:

  1. Terorganisir
    Mengorganisir bisnis anda akan membantu anda menyelesaikan tugas atau hal-hal penting yang harus diselesaikan. Cara yang baik untuk melakukan hal ini adalah dengan membuat daftar apa saja yang harus dilakukan setiap hari. Setelah anda menyelesaikan setiap item, anda harus mengeceknya pada daftar pekerjaan anda. Ini akan membantu anda memastikan bahwa anda tidak melupakan apa pun dan anda menyelesaikan tugas-tugas yang penting bagi kelangsungan bisnis anda.
  2. Catatan yang Terperinci dan Lengkap
    Semua bisnis yang sukses memilikia catatan-catatan yang terperinci. Dengan catatan ini, anda akan tahu bagaimana finansial bisnis anda dan apa tantangan potensial yang bisa anda hadapi. Hanya dengan mengetahui hal ini, anda akan mendapat waktu untuk membuat strategi untuk mengatasi halangan yang data mencegah atau menghambat pekerjaan bisnis anda. Selain itu dengan catatan ini anda bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang telah anda lakukan sebelumnya.
  3. Analisa Pesaing
    Persaingan akan menghasilkan produk yang terbaik. Untuk sukses anda juga bisa belajar dari pesaing usaha anda. Setelah semua metode atau cara-cara yang mereka terapkan berhasil, anda bisa menerapkan cara-cara tersebut pada usaha anda.
  4. Pahami Resiko dan Imbalan
    Saat mengembangkan bisnis anda harus memperhitungkan resiko apa yang akan terjadi. Anda harus memahami resiko dan imbalan, dengan begitu akan memungkinkan anda untuk mengambil jenis resiko yang telah anda perhitungkan dan yang bisa menghasilkan imbalan luar biasa untuk perkembangan bisanis anda.
  5. Jadilah Kreatif
    Anda harus mencari cara untuk meningkatkan bisnis anda dengan membuatnya selalu menonjol dibandingkan dengan para pesaing anda. Lantas dikarenakan hal tesebutlah anda dituntut harus selalu terbuka dengan ide-ide baru dan pendekatan-pendekatan baru untuk mengembangkan bisnis anda.
  6. Tetap Fokus
    Pepatah yang mengatakan “Roma tidak dibangun dalam sehari” berlaku disini. Hanya karena anda membuka usaha bukan berarti anda akan segera mendapat uang yang banyak. Butuh waktu untuk orang tahu siapa anda, jadilah tetaplah fokus pada tujuan-tujuan anda, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang anda.
  7. Siap Berkorban
    Dalam memulai atau mengembangkan bisnis yang anda butuhkan adalah kerja keras. Dalam banyak kasus, hal ini akan menghabiskan banyak waktu anda. Bahkan anda akan jauh lebih sibuk daripada bekerja dengan orang lain. Pada saat itulah anda harus mengorbankan banyak waktu anda, seperti mengorbankan waktu berlibur, waktu bersama keluarga dan waktu bersama teman-teman anda.
  8. Sediakan Layanan yang Terbaik
    Bisnis yang sukses adalah bisnis yang menyediakan layanan yang terbaik bagi para pelanggannya. Pelayanan yang baik akan memberikan kesan yang baik, sehingga bisnis anda akan mendapatkan reputasi yang baik di mata pelanggan ataupun calon pelanggan anda.
  9. Konsisten
    Konsistensi adalah kunci keberhasilan dalam berbisnis. Anda harus selalu konsisten dalam melakukan hal yang diperlukan untuk menggapai kesuksesan dari hari demi hari. Ini akan membuat kebiasaan positif jangka panjang yang akan membantu anda menggapai kesuksesan  dan kebebasan finansial kedepannya.
  10. Ketekunan & Kesabaran
    Dalam setiap usaha maka akan sia – sia tanpa ada ketekunan. Setiap usaha akan membutuhoan ketekunan kita dalam menjalaninya, dan serta kesabaran yang ekstra. Dimana tidak mungkin ada usaha yang tiba – tiba sukses dalam jangka waktu yang cepat atau akan berhasil saat itu juga.
    Disinilah kesabaran anda diuji dalam mengelola dan menekuni kegiatan anda dalam memulai bisnis.

Keberhasilan atau kesuksesan tidak akan datang hanya dalam waktu semalam layaknya kisah candi prambanan. Kesuksesan atau keberhasilan dalam berwirausaha atau bisnis memerlukan waktu yang tidak sedikit dan hanya bisa dilakukan dengan konsistensi yang kuat dan melakukan yang terbaik dalam segala situasi baik tenang ataupun genting dan selalu mencoba hal yang baru dan menantang.

Untuk strategi pemasaran bisa dibaca : tips strategi memasarkan produk yang efektif.

Begitulah tips mengembangkan bisnis, semoga bermanfaat.

%d blogger menyukai ini: