Website aman dari serangan Hacker?

Bagi sahabat yang sudah merasa bahwa website nya sudah aman , dan bahkan merasa mempunyai Website bermesinkan WordPress serta menggunakan beberapa cara yang paling Ekstra sampai sampai Passwordpun Panjang Lebar berkombinasi Alphabetic, numeric dan Ansii dan lain lain , jangan berpikir 100% aman..!!!

Apalagi bagi sahabat yang masih menggunakan Jasa Share Hosting terutama VPS Optimize. Masih banyak celah yang sangat mudah ditembus untuk membuat website sahabat menjadi kocar kacir.

Kenapa saya bilang seperti ini? yap , karena System kemanan yang utama bukanlah dari sebuah Password yang kita buat, bukan dari sebuah Security plughin Block IP dan sebagainya juga bukan pengamanan yang ekstra ketat pada folder folder di Website sahabat , akan tetapi kemanan yang utama adalah dari server sahabat. saya berani menulis ini karena saya sudah mengalami sendiri.

Saya mempunyai password Cpanel akses yang notabene tidak ada seorangpun yang tau kecuali saya sendiri dan pihak hosting tersebut , akan tetapi salah satu website pelanggan saya terkena Deface , dan kalau masalah siapa sang hacker tidak akan saya sebutkan disini. Mereka mereplace file index dari theme yang saya gunakan untuk web pelanggan saya, bahkan menyimpan beberapa script listing untuk deface ke beberapa root server .

Disini saya ungkapkan kekecewaan saya terhadap pihak hosting , yang selalu menyalahkan pelanggan karena kelalaian pelanggan, dengan alasan
“password dan detail Akun anda telah diketahui oleh mereka dan kami tidak bertanggung jawab dan bla bla bla.. ” , dan padahal saya cek kembali tidak ada aktivitas log terakhir masuk kecuali dari IP saya sendiri di CPANEL. dan hosting tersebut satu root dengan Blog inforiatif ini, tapi yang kena kenapa malah domain utamanya? nah lo..

Yang lebih parahnya lagi, situs saya yang beralamat di www.neon.web.id , juga terkena imbasnya, hilang semua file yang tertinggal hanyalah 4 folder tanpa isi sama sekali. Duga boleh duga katanya sih kena JUMPING , tapi seharusnya yang kena jumping adalah file yang mempunyai keterkaitan dengan database / SQL , tapi kenapa justru file HTML juga kehapus? dan yang kena jumping itu adalah reseller bukan user .

Selidik boleh selidik ternyata ini adalah kelemahan dari server hosting yang saya gunakan, celah terlalu banyak disana , jadinya kapok dah, tahun depan gak bakal make jasa mereka sudah cukup sering dikecewakan dengan pihak ini. -_-

dan untuk masalah jumping adalah keterkaitan erat dengan Hosting VPS.

image hacking

Jadi intiny dari keluhan saya diatas, Pintar pintarlah memilih sebuah jasa hosting pastikan sudah mempunyai server dan fasilitas yang memadai jangan hanya mempunyai embel – embel kata : konsumen sudah ribuan , server handal uptime 99% ,dan lain sebagainya , namanya juga KECAP gak ada yang nomor 2 pasti semuanya nomor 1.

Keamanan website sahabat berada di root server hosting , dan pastikan hanya untuk sebuah pilihan walaupun Server VPS jauh lebih ringan untuk diakses oleh Visitor ( pengunjung ) tapi jauh lebih rawan dari pada Dedicated server.

Pilih yang menggunakan Cpanel Accelerated bukan VPS optimized , serta jangan memilih sebuah hosting yang berembel embel Murah dan banyak pelanggannya serta kata- katanya muluk muluk, percaya tidak percaya silahkan mencoba 🙂